Teori Belajar Konstruktivisme
Teori Konstruktivisme didefinisikan
sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Beda dengan aliran behavioristik yang memahami hakikat belajar sebagai kegiatan yang bersifat mekanistik antara stimulus respon, kontruktivisme lebih memahami belajar sebagai kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalamanya. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis.
Dikatakanjuga bahwa pembelajaran yang memenuhi metode konstruktivis hendaknya memenuhibeberapa prinsip, yaitu: a) menyediakan pengalaman belajar yang menjadikanpeserta didik dapat melakukan konstruksi pengetahuan; b) pembelajarandilaksanakan dengan mengkaitkan kepada kehidupan nyata; c) pembelajarandilakukan dengan mengkaitkan kepada kenyataan yang sesuai; d) memotivasipeserta didik untuk aktif dalam pembelajaran; e) pembelajaran dilaksanakandengan menyesuaikan kepada kehidupan social peserta didik; f) pembelajaranmenggunakan barbagia sarana; g) melibatkan peringkat emosional peserta didikdalam mengkonstruksi pengetahuan peserta didik (Knuth & Cunningham,1996)
sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Beda dengan aliran behavioristik yang memahami hakikat belajar sebagai kegiatan yang bersifat mekanistik antara stimulus respon, kontruktivisme lebih memahami belajar sebagai kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalamanya. Konstruktivisme sebenarnya bukan merupakan gagasan yang baru, apa yang dilalui dalam kehidupan kita selama ini merupakan himpunan dan pembinaan pengalaman demi pengalaman. Ini menyebabkan seseorang mempunyai pengetahuan dan menjadi lebih dinamis.
No comments:
Post a Comment